Bookmark and Share

Sunday, April 26, 2009

Buitenzorg Fishing

Bogor wilayah yang relatif masih hijau dan sejuk dimana masih mudah ditemui gemericik dan riak air yang mengaliri sungai dan sawah, masih ada surga di sana bagi para pemancing alam bebas karena ikan benter, gabus, lele dan mujair banyak ditemui malahan jika bernasib baik ada saja ikan mas yang mencaplok umpan.



Memancing di alam bebas diperlukan kejelian terutama dalam melihat keberadaan ikan yang ditandai dengan adanya prepesan (buih yang dikeluarkan ikan) bila si ikan diam atau gerakan yang ditandai dengan keruhnya air karena bila lapar ikan akan mengejar mangsanya yang berupa ikan kecil atau udang.

Khusus untuk ikan benter yang populasinya cukup banyak di alam bebas, diperlukan mata kail yang kecil (no.1) karena mulutnya yang kecil. Memancingnya cukup mengasikan karena ikan benter cenderung membawa lari umpan sehingga walaupun kecil ada perlawanan pada saat ditarik.

Umpan untuk ikan yang satu ini tidak sulit, bisa umpan jadi yang berwarna kuning ataupun anak rayap (Poa) atau bisa juga kita membuat dari ubi rebus yang dicampur mentega dan kuning telur... selamat mencoba (Dy).