Bookmark and Share

Thursday, July 30, 2009

JENIS KOLAM PEMANCINGAN




Sekedar info untuk pemula ataupun untuk orang yang cuma iseng mau ikutan mancing di kolam pemancingan.

Kolam Kiloan
Ikan yang tersedia di kolam ini relativ mudah untuk dipancing karena pada prinsipnya disediakan untuk dijual, seberapa banyak ikan yang didapat lalu ditimbang dan itulah yang harus dibayar tergantung dari jenisnya.
Mancing di kolam ini bagus bagi pemula, namun perlu disesuaikan agar jangan sampai ikan yang terangkat melebihi batas kemampuan kantong.

Kolam Harian
Pada umumnya setiap pemancingan adalah harian hanya teknisnya saja yang berbeda, ada yang borongan dan ada juga yang turun kiloan. Borongan berarti ikan sudah tersedia di kolam dalam jumlah tertentu (biasanya diatas 10 kg) dengan harga yang telah ditentukan tanpa menghitung jumlah pemancing. Sedangkan turun kiloan adalah setiap pemancing dikenakan biaya 1 kg atau ada juga yang 2 kg perhari dan ikan akan diturunkan sejumlah yang dibayarkan pemancing namun terkadang ada juga kolam yang menerapkan 1 kg per 2 jam

Kolam Jam
Dikolam ini lebih menarik karena pemancing akan berpacu dengan waktu dan hanya satu joran yang boleh digunakan jadi harus mempunyai strategi agar ikan tetap didapat. Sesuai dengan jenisnya maka pembayaran pun dihitung per jam. (Dy)